Posted on: 6 October 2022 Posted by: redaksi toknyong Comments: 1

Pulau Genteng

Pulau Genteng merupakan pulau tidak berpenghuni yang berada di depan Desa Serantas. Pulau ini dinamakan Genteng karena bentuk pulaunya yang pada bagian tengahnya merupakan dataran rendah seakan hampir putus jika dibandingkan bagian kiri dan kanannya yang menjulang. Genteng merupakan bahasa daerah di Serantas yang dalam bahasa Indonesia dapat berarti genting. Sedangkan sebelum dikenal dengan nama Serantas, orang dulu menyebutnya dengan Luar Genteng atau Luar Genting.

Ujung Macan

Masa-masa dahulu di Pulau Genting, pulau yang berada di depan Serantas, tepatnya di ujung pulau sebelah barat,  pernah ada masyarakat yang melihat seekor macan. Entah dari mana asalnya tidak diketahui, padahal pulau tersebut bukan merupakan habitat dari macan. Hanya beberapa kali masyarakat melihat binatang itu, tergantung waktu dan harinya.

Botu Kambing

Nama batu ini diambil bukan dari bentuk batunya, tetapi dari hal lain. Batu ini berada di pulau Genting sebelah timur yang menghadap ke Sededap. Kalau tepat hari dan bulannya, akan nampak kambing di batu tersebut. Padahal di pulau itu tidak ada kambing. Ini artinya ada saat-saat tertentu kambing tersebut menunjukkan bentuknya. Menariknya lagi, batu itu berbentuk kursi.

Botu Kursi

Sesuai namanya, batu ini berbentuk kursi. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi, karena batu tersebut dipecahkan orang saat musim batu cincin. Lokasi batu ini berada di arah menuju Tanjung Batang, melewati daerah yang bernama Sawah yang juga dekat dengan Batu Asok.

Pasir Timah
Suatu lokasi di Serantas yang saat itu pasirnya memiliki kadar timah. Oleh masyarakat, daerah tersebut dinamai Pasir Timah. Saat ini sudah tidak bisa ditemukan lagi pasir yang memiliki kadar timah itu karena adanya erupsi pantai dan banyak penduduk yang dari gunung pindah ke pesisir.

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.