Posted on: 21 January 2022 Posted by: redaksi toknyong Comments: 0

Oleh Wan Eddy Wan Izaz

Tegul Maarab terletak di Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna. Tegul adalah suatu bentuk permukaan bumi yang memiliki permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah di sekelilingnya, namun dengan ketinggian relatif rendah dibandingkan dengan gunung. Dalam bahasa Indonesia tegul adalah bukit. Perbukitan adalah rangkaian bukit atau tegul yang berjajar di suatu daerah yang cukup luas.

Di Natuna perkataan Tegul amnya digunakan untuk menyebut sebuah bukit. Mengapa Tegul yang ada di Teluk Buton ini dinamakan Tegul Maarab?

Dari penuturan orang-orang tua, Tegul Maarab ini adalah tempat yang selalu dijadikan lokasi mencari kayu untuk berbagai keperluan terutama bahan untuk membuat rumah atau dalam bahasa Bunguran disebut Bebean. Orang yang sering pergi mencari kayu dulu di tegul tersebut adalah Wan Maarab.

Wan Maarab lahir tahun 1860 M, anak dari Wan Kasim. Nasabnya adalah Wan Maarab bin Wan Kasim bin Wan Yak bin Wan Liman bin Wan Taklim bin Wan Lingkai Al Fathani. Dari nasab ini dapat dikatakan bahwa Wan Maarab adalah generasi ke lima orang Patani yang lahir di perantauan. Ibunda Wan Maarab bernama Salina yang berasal dari Siantan.

Wan Maarab menikah dengan Sawiyah kemudian pasangan ini bermastautin di Teluk Buton. Untuk membuat rumah, maka Wan Maarab mencari kayu di tegul yang ada di sekitar Teluk Buton. Wan Maarab juga membuka kebun di tegul tersebut. Karena seringnya Wan Maarab pergi bebean juga berkebun ke tegul tersebut, maka oleh masyarakat di Teluk Buton disebutlah tegul itu dengan Tegul Maarab.

Dari pernikahan dengan Sawiyah, Wan Maarab dikarunia seorang anak laki laki dan 2 orang anak perempuan yaitu Wan Ahmad, Wan Fatimah, dan Wan Kuming. Keturunan Wan Ahmad dan Wan Fatimah banyak tersebar di pulau Bunguran. Wan Kuming tidak ada catatan keturunannya.

Demikianlah sekilas cerita asal usul nama Tegul Maarab di Teluk Buton Kabupaten Natuna.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.