Posted on: 12 August 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 316

Tentu kita tidak asing dengan bangunan dinding berwarna kuning kombinasi hijau yang berada di sebelah apotek Tia, Kelurahan Batu Hitam. Aktivitas di jalan itu termasuk ramai dilalui oleh masyarakat. Barangkali kita menganggap bangunan itu hanya kuburan-kuburan biasa. Tapi ternyata bangunan ini mempunyai kisah singkat yang membuatnya menjadi satu bangunan keramat yang ada di pulau Bunguran ini.

Bangunan itu dikenal dengan nama Keramat Sebelah. Jika kita perhatikan, ada satu pagar di dalamnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang di luar. Di situ terdapat sebuah makam orang keramat dengan nisan batuan dari gunung, seseorang yang dianggap memiliki kesucian dan ilmu agama yang tinggi. Semasa hidupnya, orang keramat yang berasal dari Bunguran ini memiliki dua orang anak laki-laki. Anak pertama tinggal di Setuek dan adiknya tinggal di Batu Hitam. Keduanya dikatakan sudah berkeluarga.

Singkat cerita, setelah orang tua mereka itu meninggal, kedua adik beradik ini saling memperebutkan hak mereka sebagai seorang anak untuk menguburkan ayahnya di tempat tinggalnya masing-masing. Kakak bersikeras ingin memakamkan ayahandanya di Setuek, begitu juga adiknya yang menginginkan makam ayahanda tercinta itu juga ada di Batu Hitam. Karena pertengkaran yang tak kunjung usai, si kakak memberi solusi untuk membelah saja jasad bapaknya, agar adil satu sama lain. Adiknya pun menyetujui hal tersebut. Lalu setelah dimandikan, dikafankan, dan disalatkan, kain kafan yang sudah melekat di tubuh ayahnya itu dibuka. Namun, hal yang tidak diduga terjadi. Jasad ayahnya itu sudah lebih dulu terbelah menjadi dua bagian. Hal ini diperkirakan karena ayahnya itu merupakan orang keramat, orang yang suci.

Akhirnya dua bagian jasad orang tua ayahnya itu dikuburkan di Batu Hitam dan Setuek.  Namun tidak diketahui bagian tubuh sebelah mana yang ada di Batu Hitam dan bagian tubuh sebelah mana yang ada di Setuek. Diketahui bahwa kejadian ini memang nyata. Usia keramat itu sendiri diperkirakan sudah lebih dari 100 tahun. Secara silsilah keluarga, tidak ditemukan lagi keturunan dari orang keramat ini.

Seperti keramat lainnya, Keramat Sebelah juga dijadikan sebagai tempat penziarahan pada masa dulu, sebab orang keramat ilmunya masih tetap ada walaupun sudah meninggal. Para peziarah berkunjung untuk meminta karamah. Sekitar tahun 80-an masih sering orang tua-orang tua dulu melakukan ziarah di Keramat Sebelah. Peziarah membawa air putih dalam teko, membaca yasin, berdoa, dan menyiram makam keramat itu.

Berbeda halnya dengan yang di Batu Hitam. Keramat Sebelah yang berada di sebelah kiri sebelum jembatan Setuek, tidak berpagar tetapi gundukan kuburannya lebih tinggi daripada yang lain untuk menandakan kuburan itu sebagai kuburan keramat. Di sana juga tidak pernah ada yang melakukan ziarah.

Saat ini sudah tidak terlihat lagi orang-orang melakukan ziarah di Keramat Sebelah. Sampai saat ini juga tidak ada yang mengetahui nama orang keramat dan anak-anaknya itu.

316 People reacted on this

  1. Warner Bros. представили первый трейлер нового фильма в серии «Матрица», который вызвал больше вопросов, чем ответов. Матрица 4 kino Дата выхода. Россия: 16 декабря 2021 года; США: 22 декабря 2021 года

  2. Фильм будет называться The Matrix: Resurrections («Матрица: Воскрешения»), и сюжетно он близок к первой картине Матрица 4 фильм Вся информация о фильме: дата выхода, трейлеры, фото, актеры.

  3. Премьера «Матрицы-4», которая, по слухам, называется «Воскрешение», выйдет на большие экраны 16 декабря 2021 года Матрица 4 films Дата начала проката в США: 22.12.2021. Оригинальное название: The Untitled Matrix Film.

  4. Главные герои картины «Матрица 4» проснулись и начали бороться, после чего появилось сопротивление Матрица 4 смотреть Дата начала проката в США: 22.12.2021. Оригинальное название: The Untitled Matrix Film.

  5. Warner Bros. представили первый трейлер нового фильма в серии «Матрица», который вызвал больше вопросов, чем ответов. Матрица 4 смотреть Дата выхода. Россия: 16 декабря 2021 года; США: 22 декабря 2021 года

  6. Warner Bros. представили первый трейлер нового фильма в серии «Матрица», который вызвал больше вопросов, чем ответов. Матрица 4 films Дата начала проката в США: 22.12.2021. Оригинальное название: The Untitled Matrix Film.

Leave a Comment