Posted on: 7 August 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 202

oleh Naldo Noor _ Kompasbenua

Selain memiliki ragam tempat indah yang bisa membuat stres hilang, Natuna juga memiliki berbagai tradisi-tradisi unik nan menarik, yang rasanya sayang untuk dilewati. Salah satunya adalah ngembeng. Ngembeng merupakan proses membuat mbeng, mirip seperti oatmeal tampilannya.

“Oat mealnya Natuna,” penjelasan singkat ketika menerangkan hal ini kepada orang yang belum mengerti. Sedikit perbedaannya adalah dari bahan, oat terbuat dari dari sereal/gandum, sedangkan mbeng ini dari padi.

Alat yang harus disiapkan untuk ngembeng antara lain tungku api, kuali, lesung dan alu. Sedangkan bahan utama dari mbeng adalah gabah yang baru dipanen. Ngembeng merupakan tradisi orang-orang tua dahulu dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Karena keterbatasan alat untuk mengolah gabah menjadi beras, jadi gabah yang baru dipanen tadi akan dibuatkan mbeng untuk dimakan bersama-sama.

Proses pembuatan mbeng dimulai dari menyalakan api di tungku. Kemudian gabah yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam kuali untuk disangrai. Gabah disangrai hingga meletup bagai popcorn, prosesnya terbilang cepat, tergantung panasnya api, kemudian secara cepat langsung dituang ke dalam lesung untuk ditumbuk hingga pipih seperti oat.

Orang yang menumbuk padi di lesung biasanya terdiri dari tiga sampai empat orang. Dan untuk menghilangkan rasa bosan, para penumbuk lesung biasanya menumbuk dengan interval tertentu hingga menghasilkan irama-irama musik. Ini yang kemudian dikenal dengan tradisi alu dari Natuna.

Tradisi alu saat ini menjadi atraksi budaya pelengkap wisata di Kabupaten Natuna, khususnya di pulau Bunguran dan sekitarnya. Irama yang dihasilkan juga beragam, tergantung jumlah orang dan ketukan yang dimainkan. Tradisi alu biasanya dimainkan oleh tiga hingga tujuh orang dalam satu lesung.

Alu dan lesung ini biasanya terbuat dari batang belian, sebuah pohon yang banyak ditemui di belantara pulau Bunguran sejak dulu. Kayu belian juga sangat berat. Kayunya sangat keras, dan tahan lama. Oleh karena itu beberapa lesung dan alu yang ada saat ini usianya sudah puluhan tahun. Di beberapa tempat di Pulau Bunguran tradisi alu masih kerap dimainkan ketika ada even pariwisata atau sedang dalam gawai menyambut tamu-tamu besar.

Yap… balik ke ngembeng lagi ya….

Proses dari gabah mulai meletup hingga penumbukan harus dilakukan secara cepat dan selagi panas. Sebab jika sudah dingin maka ia akan sulit menjadi mbeng saat dilakukan penumbukan. Proses ini dilakukan berulang-ulang hingga dirasa mbeng sudah cukup untuk dikonsumsi.

Gabah yang sudah ditumbuk tadi diambil untuk ditampi terlebih dahulu, dipilah untuk menghasilkan mbeng yang baik sebelum dikonsumsi, proses ini disebut tampek. Kemudian setelah mbeng didapatkan, barulah ia siap untuk dimakan.

Cara menyajikan mbeng  dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan seperti, mbeng yang sudah ditampi, nyok kuko (kelapa parut), air putih masak, dan gula pasir. Persiapannya dimulai dengan menaruh air masak di dalam mangkuk, lalu masukkan mbeng dan nyok kuko dan ditambah dengan gula pasir. Takarannya menyesuaikan selera, namun direkomendasikan agar gulanya agak dilebihkan agar manisnya terasa.

Dewasa ini, cara menikmati mbeng bisa dengan berbagai cara, tergantung bahan dan inovasi dari kita masing-masing. Bisa dipadukan dengan susu, coklat, dan bahan-bahan lain sesuai selera.

Kegiatan ngembeng saat ini masih dapat ditemui di beberapa desa di pulau Bunguran. Biasanya, masyarakat setempat menyertakan dengan kegiatan permainan lesung alu. Kerap kali kegiatan ini memantik keikutsertaan masyarakat lain untuk menumbuk gabah dalam lesung atau hanya mendengarkan irama-iramanya yang menggugah.

Nak cube???

202 People reacted on this

  1. Фильм будет называться The Matrix: Resurrections («Матрица: Воскрешения»), и сюжетно он близок к первой картине Матрица 4 просмотр Вся информация о фильме: дата выхода, трейлеры, фото, актеры.

  2. Warner Bros. представили первый трейлер нового фильма в серии «Матрица», который вызвал больше вопросов, чем ответов. Матрица 4 кино Дата выхода. Россия: 16 декабря 2021 года; США: 22 декабря 2021 года

  3. Главные герои картины «Матрица 4» проснулись и начали бороться, после чего появилось сопротивление Матрица 4 просмотр Вся информация о фильме: дата выхода, трейлеры, фото, актеры.

Leave a Comment