Posted on: 25 July 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 81

oleh Hamzah Muhammad

Kondisinya Begini

Belakangan rasanya sengatan matahari
bikin gue kayak porak-poranda.
Kayak lagi ngebayangin gue tuh ulat
yang mati-matian bertahan
di tengah populasi dunia
yang nggak ngasih apa-apa ke gue.
Belakangan rasanya sengatan matahari
bikin gue amburadul, uring-uringan.
Gaes, susah banget yah nikmatin hidup
yang adem ayem aja begitu.
Gue udah ngejalanin hidup penuh nyali,
mabok ke sana-sini dan takut ini-itu.
Tapi, hati gue musti terus nyikapin
ancaman yang mustahil dibantah.

Dikondisi panas begini, matahari nyengat
gue udah siap banting-tulang
jadi buruh, nelen capek, atau apalah
yang sekiranya masih bisa dihargai


Kelar Baca Puisi

“…Gue pernah ngeliat orang
yang lagi mumet banget
duduk di depan mesin tik
seolah-olah kayak lagi ngeden
nahan usus supaya nggak keluar,
padahal kebelet boker.”

“Ah hahaha hahaha!”

“… Malu-maluin banget kan
kalo nulis harus sampe segitunya.”

“Ah hahaha hahaha!”

“Ambisi nggak ngasih pengaruh apa-apa
ke bakat. Keberuntungan emang solusi
terbaik sih, dan kalo cuma ngandelin
bakat ya bisa-bisa kewalahan
buat ngejar keberuntungan.”

“Ah hahaha hahaha!”

Cowok yang ngomong tadi berdiri
terus cabut. Ditemenin seorang gadis
cewek paling cantik
yang masih kuliah,
umurnya kisaran 18 tahun.
Gue tutup buku catatan
bangun, agak kewalahan
di belakang mereka.


Yang Mereka Mau

Vallejo nulis puisi
soal kemiskinan pas doi laper
sekarat nyaris mampus;
kupingnya van Gogh ditolak
sama jablay;
Rimbaud keluyuran ke Afrika
nyari emas, eh doi malah kena sipilis
yang nggak bisa disembuhin;
Beethoven budek, nggak bisa denger;
Pound ketangkep di jalanan,
terus dijeblosin ke penjara kerangkeng;
chatterton nenggak racun tikus;
Otaknya Hemingway muncrat
jatoh ke jus jeruk;
Pascal motong urat nadi tangannya
di bak mandi;
Artaud dipasung bareng orang gila;
Dostoyevsky berdiri ngehalau tembok
Crane loncat ke baling-baling perahu;
Lorca ketembak mati di jalanan
sama pasukan Spanyol;
Berryman terjun dari jembatan;
Borroughs ngedor bininya sampe koit;
Mailer nusuk bininya pake pisau.
—itulah yang mau mereka lakuin:
pentas yang keren banget yaolo
kayak iklan bilbor
di tengah api neraka.
Itulah yang mau mereka lakuin:
hal-hal konyol
yang nggak ada bagusnya
yang nggak jelas
juntrungannya
demi nyelametin
penggemar kesayangan
yang cuma kerumunan.

Kabur

Bisa kabur dari temen lu yang ribet
itu mukjizat, gokil, seni bangetlah.
Ibarat laba-laba beracun, jaringnya
bisa ngejangkau lu supaya
nyamperin doi, balik lagi ke doi.
Doi bakal ngebekuk lu.

Ntar kalo doi udah ngerasa puas,
doi bakal ngebunuh lu.
Dalam cengkramannya,
doi ngisap darah lu sampai mampus.

Gue berhasil kabur dari temen tidur gue
yang kayak laba-laba beracun itu,
karena cewek tuh punya banyak cowok
yang ada di dalam jaringnya.
Dan setiap kali doi nyengkram satu cowok,
doi lanjut ngeladenin lainnya,
lanjut ke yang lainnya lagi.
Sekarang gue bebas,
udah nggak kena jebakan doi.
Gue balik kayak dulu lagi.

Tuh cewek bisa jadi kehilangan gue—
bukan kehilangan cinta gue,
tapi kangen buat ngisap darah gue.
Tapi itu kan bagus buat doi.
Doi jadi bisa ngisap darah cowok lain;
untung doi ngisap gue nggak sampe mati;
jadi gue bisa kabur.
Gue pun nemuin jaring yang lain.

Henry Charles Bukowski lahir 16 Agustus 1920 dan meninggal pada usia 73 tahun, 9 Maret 1994. Ia adalah seorang penyair dan novelis Amerika. Bukowski telah menghasilkan ribuan puisi, ratusan cerita pendek, dan enam novel, pada akhirnya memiliki lebih dari 50 buku yang sudah diterbitkan.

Hamzah Muhammad lahir di Rawamangun, Jakarta Timur. Ia menuntaskan studi magister Ilmu Susastra Universitas Indonesia (2018). Saat ini, ia sedang menggarap terjemahan utuh 3 buku puisi Charles Bukowski: Mockingbird Wish Me Luck (1972), Love Is A Dog From Hell (1977), The People Look Like Flowers At Last (2008) sambil mengelola kolektif Atelir Ceremai (@atelirceremai). Buku non-fiksinya Kuasa dan Narasi: Kebudayaan Jawa dalam Kritik (2019) mendapat nominasi Penghargaan Badan Bahasa 2020.

81 People reacted on this

  1. I just could not go away your site prior to suggesting that I really enjoyed the usual information an individual supply for your visitors? Is gonna be back often to inspect new posts.

  2. A motivating discussion is definitely worth comment.
    I do think that you need to write more on this issue,
    it may not be a taboo matter but usually people do not speak about these subjects.
    To the next! All the best!!

    Also visit my website … hair removal (Damien)

  3. continuously i used to read smaller articles that also clear their motive, and that is also happening with this article which I am reading at
    this place.

    Look at my web site :: network plus certification, Willy,

Leave a Comment