Posted on: 19 July 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 1

oleh Wan Eddy Wan Izaz

Janggut adalah anak dari Datuk Kaya Muhammad Penibung. Ia juga merupakan anak saudara dari Putri Seri Bulan, istri Datuk Bendahara Wan Lingkai al-Fathani.

Silsilah Janggut yaitu Janggut bin Muhammad Penibung bin Kumbang bin Liak. Janggut dilantik sebagai datuk kaya pulau Bunguran kesepuluh menggantikan Datuk Kaya Wan Gilap bin Datuk Bendahara Wan Lingkai al Fathani yang meninggal dunia.

Pada masa kepeminpinan Datuk Kaya Janggut, kedatuan pulau Bunguran mengalami masa-masa kejayaan dan dapat dikatakan pulau Bunguran mengalami puncak kemakmuran sama tatkala pemerintahan masih berpusat di Segeram. Dikisahkan juga bahwa pada masa Datuk Kaya Janggut ini, kontak perdagangan dengan negeri-negeri Melayu di semenanjung, Brunei, dan Siam terjalin sangat baik.

Datuk Kaya Janggut adalah mertua dari Datuk Kaya Wan Muhammad al-Fathani, “….Datuk Kaya Jangus mempunyai menantu bernama Wan Muhammad yang konon berasal dari Patani..”

Datuk Kaya Janggut adalah Datuk Kaya terakhir dari bangsawan Bunguran karena penggiliran berikutnya yang menjadi datuk kaya adalah menantunya Wan Muhammad al-Fathani. Tidak ada catatan apakah Datuk Kaya Janggut memang tidak memiliki anak laki laki atau memang dari keluarga Datuk Kaya Janggut memberikan jawatan itu kepada menantunya.

Sumber:
Wan Eddy. Silsilah Keturunan Wan Bunguran (tidak diterbitkan).
NN. Asal Usul Pulau Bunguran. tanpa tahun.
Wan Tarhusin. 2001. Gelar Datuk Kaya Tokong Pulau Tujuh. Mitra Utama: Tanjungpinang.

(editor Naldo Noor _Kompasbenua)

1 people reacted on this

Leave a Comment