Posted on: 3 January 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 77

Rindu Pulang

Biar pulang tak sejauh pergi yang memang telah berkepanjangan tetap saja tak sedekat bau rokok dari bibir para perokok, merah sirih dari bibir mereka yang nyirih, mereka yang sakau dengan kematian.

Biar pulang tak sejauh pergi yang memang telah berkepanjangan. Sudah begitupun hanya bisa dicicipi sesekali. Pun tidak benar-benar pulang. Selain melihat wajah saudara dan datang ke makam ibu dan kembali yang memang terburu-buru.

Biar pulang tak sejauh pergi yang memang telah berkepanjangan. Tetap saja langit rantau masih bercokol di kepalaku, matahari pagi yang terjun bebas dari mukaku, aroma asing tanah rantau dan rindu pada kampung halaman yang bertubi-tubi.

Atas beberapa alasan, harus kukatakan bahwa aku ingin pulang. Menikmati kembali kampung halaman, bumi tempat dimana aku dilahirkan. Bumi tempat kali pertama aku menangis.

Temanggung, 02 Januari 2021
06.42

Sebuah Catatan

Berita di tiap lembar-lembar daun kopi. Kenyataan-kenyataan di tiap dahannya. Hari ini yang tertancap diantara akar-akarnya. Buahnya yang rimbun, pergi ke pertemuan-pertemuan membawakan rasa bersama dengan keringat dan air mata petani dan juga permasalahan hidup dari hari ke hari.

Harum mawar di tengah dingin pada petang yang berkabut hampir tak sampai ke hidung petani. Hampir sia-sia.

Temanggung, 01 Januari 2021
16.51

Tan Pajar adalah penyair asal Pulau Laut dan berkelana menemukannya pada puisi-puisi.

77 People reacted on this

Leave a Comment