Posted on: 29 April 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 0

Oleh: Wan Eddy Wan Izaz

Wan Gilap adalah anak Datuk Bendahara Wan Lingkai dengan istri orang Patani. Ia lahir di Negeri Jambu Patani. Ia juga mempunyai saudara kandung bernama Wan Barul.

Akibat kalah perang melawan Siam, Wan Gilap dibawa oleh ayahnya berhijrah ke Pulau Bunguran.

“…. Datuk Wan Lingkai membawa anaknya dua orang laki laki Wan Gilap dan Wan Barul…..”

Bersama kaum kerabat, Datuk Bendahara Wan Lingkai berlayar menuju Pulau Bunguran dan sampai di Tanjung Batang.

Pada ketika itu Pulau Bunguran bukanlah pulau kosong, sudah ada orang bahkan terdapat pemerintahan di dalamnya. Juga sudah bermukim kampung-kampung yang ramai penduduknya seperti Segeram, Segule, Seluan, Kelarik dan juga Sungai Penibung. Pada awalnya pemerintahan berpusat di Segeram. Lalu, Segeram tumbuh menjadi perkampungan yang ramai.

Kemudian pusat pemerintahan dipindahkan ke Sungai Penibung.

Pada ketika penghijrahan Datuk Bendahara Wan Lingkai, yang menjadi datuk kaya di Penibung adalah Datuk Kaya Muhammad atau dikenal sebagai Datuk Kaya Muhammad Penibung.

Datuk Kaya Muhammad Penibung membawa Datuk Bendahara Wan Lingkai menghadap Sultan Abdul Jalil di Johor. Setelah menghatur sembah, Sultan Abdul Jalil bertitah,

“…..Orang Kaya bergilir sekali seorang memerintah Bunguran. Jangan akhirnya berkelahi…..”

Tidak lama setelah sampai di pulau Bunguran, maka wafatlah Datuk Kaya Muhammad Penibung. Sesuai titah sultan, maka dilakukan penggiliran jawatan datuk kaya Bunguran. Wan Gilap bin Wan Lingkai dipilihlah sebagai pengganti Datuk Kaya Muhammad Penibung.

Wan Gilap dilantik menjadi datuk kaya Bunguran dan menyandang gelar Datuk Kaya Wan Gilap. Bermulalah kepemimpinan kerabat Patani di Pulau Bunguran.

Tidak banyak catatan masa kepemimpinan Datuk Kaya Wan Gilap. Hanya disebutkan bahwa Datuk Kaya Wan Gilap meneruskan kepemimpinan dari Datuk Kaya Muhammad Penibung.

Beberapa tahun kemudian Datuk Kaya Wan Gilap wafat lalu digantikan oleh anak Datuk Kaya Muhammad Penibung yang bernama Jangus atau Janggut.

Leave a Comment