Posted on: 10 June 2021 Posted by: redaksi toknyong Comments: 0

Oleh Wan Eddy Wan Izaz

Datuk Kaya Wan Liman diperkirakan lahir antara tahun 1781-1782 dari pasangan Wan Taklim dan Ummu Liman. Nasab Datuk Kaya Wan Liman adalah Wan Liman bin Wan Taklim bin Datuk Wan Lingkai al-Fathani.

Wan Liman adalah generasi kedua orang Patani yang lahir di pulau Bunguran, ayahnya Wan Taklim adalah generasi pertama yang lahir di Bunguran dan datuknya yaitu Wan Lingkai lahir di Jambu Patani.

Datuk Kaya Wan Liman memiliki beberapa istri dan lima orang putra dan putri, yaitu Wan Yak, Wan Masni, Wan Suan, Wan Kamariah, Wan Mahlingga.

Datuk Kaya Wan Liman dilantik sebagai datuk kaya pulau Bunguran menggantikan Datuk Kaya Wan Sahak bin Wan Rawa yang meninggal dunia. Dengan dilantiknya Datuk Kaya Wan Liman maka Datuk Kaya Wan Liman menjadi datuk kaya ketujuh belas yang memimpin pulau Bunguran.

Ketika menjadi datuk kaya Bunguran, Datuk Kaya Wan Liman memerintah dari Kelarik Air Mali. Di Kelarik Air Mali beliau menerajui dan memimpin pulau Bunguran. Datuk Kaya Wan Liman meninggal dunia dan dimakamkan di samping Masjid Kelarik Tengah.

(Din editor/foto Fatimah Azzahra)

Leave a Comment